Belajar Bahasa Italia? Kenapa tidak? :)



Waktu SD, seorang guru pernah berpesan sama gue, "Kalau kamu mau selamat di masa depan, belajarlah, paling tidak tiga bahasa."
Sebuah ungkapan yang pastinya, seperti ungkapan guru-guru SD lainnya, akan selalu dikenang.
Kalau ditilik dari latar belakang keluarga gue, sebetulnya nggak ada yang bisa dipetik terlalu banyak untuk belajar bahasa, apalagi bahasa asing.
Bokap sih bisa bahasa Inggris sedikit-sedikit, tapi bener-bener ngga memadai. Nyokap? nggak bisa bahasa Inggris sedikit pun, bahasa Jawa-nya belepotan.
Sedangkan gue mulai belajar bahasa Inggris mulai kelas 4 SD, itupun baru belajar ei bi si di i ef ji.
Namanya niat, meski ngga ada fasilitas, harus tetep jalan dong, iya nggak? Gue akhirnya mulai ngebutin bahasa Inggris gue yang ketinggalan di SMP. Tahap pertama, berhasil, secara guru Inggris gue baek-baek semua, jadi gue semangat. Di SMA, usaha ini mandeg, gurunya bapuk semua, ya biarlah...
Nah, di SMA ini gue pertama kali belajar bahasa asing lain, yakni Mandarin
Sekolah gue emang paling sial. Di saat sekolah-sekolah lain dapat bahasa Jepang, gue malah dapet Mandarin yang nulis aksaranya aja bak melukis di atas air. -_-
Di sini, gue mulai sadar betapa rumitnya bahasa, betapa orang yang ngga niat butuh waktu bertahun-tahun buat belajar satu bahasa.
Cover Teach Yourself Beginner's Italian
Well, mandarin pun mandek, gue balik lagi ke bahasa Inggris, "melamar" di jurusan Bahasa Inggris UNJ dan Puji Tuhan keterima. Niat gue belajar bahasa muncul lagi nih. Pertama Jerman, tapi... AH SUSAH! Mulai dari yang paling mudah... Hmmm... ITALIANO! Ya, ini yang agak gampang. Kata-katanya hampir mirip dengan bahasa Inggris, lagi pula, gue kan orang Katolik, jadi udah lumayan sering denger lagu-lagu berbahasa latin. Bahasa Latin emang nggak sama dengan bahasa Italia, tetapi strukturnya dan "thesaurus"-nya hampir sama.
Gue berpikir mungkin bahasa Italy ini penting, kalo sewaktu-waktu gue jadi orang kaya dan bisa jalan-jalan ke Vatikan (amiin amiiin) gue nggak akan kesulitan lagi ngomong sama penjual spaghetti di Roma (?)
Tapi di balik motivasi imajiner yang gaje itu, gue punya motivasi untuk belajar bahasa yang nggak semua orang bisa. kalo Jerman, Jepang, Perancis, itu udah diajarin di sekolah-sekolah, tapi kalo Italy? gue rasa jarang banget deh, kecuali sekolah-sekolah seminari.
Pada tahap ketertarikan yang sangat besar ini, gue mulai mencoba cari-cari buku murah. Tapi bahasa Italy masih kurang diminati rupanya, di toko-toko buku masih jarang sekali, sekalinya ada mahal...

Tapi orang kalo udah niat emang nggak kurang akal... Internet! Yap! ini bukan zaman Sun Gokhong bro, di mana lo harus menempuh ribuan kilo untuk mendapatkan sebuah buku! Pertama gue cari di 4shared  (kalo ada yang gratis kenapa harus bayar, lagi pula ini situs untuk berbagi, berbagi nggak dosa kok). Ketemu lah beberapa buku, di antaranya Italian Grammar, Teach Yourself Beginner's Italian, dan Italian Dictionary.
Modern Italian Grammar
Awalnya gue download Italian Grammar. Setelah gue liat, oke ini buku bagus juga, tapi masih agak susah dicerna, dan yang kedua gue download, Teach Yourself Beginner's Italian, wah buku ini bagus banget! cocok untuk para pemula! udah gitu dilengkapi audio pula.

Buku Teach Yourself ini mengajarkan kita dari awal banget, gimana cara melafalkan huruf-huruf di bahasa Italia, bagaimana mengucapkan salam, memperkenalkan diri, menanyakan alamat, pokoknya... dasar banget deh... Iya gue suka banget buku ini, membuat gue terlihat lebih keren dengan logat Om Del Piero hahaha :p

Nah selain itu, ada juga audio-nya, yang harus lo download secara terpisah. Memang sih buku ini panduannya berbahasa Inggris, begitu pula audionya, tapi gue yakin, lo pasti ngerti kok, kalo bahasa Inggris lo nggak jelek-jelek amat.
Beberapa kata udah berhasil gue serap pagi ini seperti:

"Buongiorno!" (Selamat pagi!)
"Come sta?" (apa kabar?)
"Come si chiama?" (siapa namamu?)
"Mi chiamo Michael Ayub," (nama saya Michael Ayub)
"Io sono Badrul Kamal" (kalau saya Badrul Kamal)
"arrivederla, signore!" (sampai jumpa, pak)

hahahaha kocak ye? :p
kalo lo minat belajar juga kayak gue, silakan download  di sini untuk Teach Yourself Begginer's Italian, dan di sini untuk mendapatkan audio guide-nya\
Lo juga bisa download Italian Grammar kalo lo udah advanced di dieu
Masih ragu download di 4shared? takut nggak berkah? Ayolaaah lo ini kenapa sih? Namanya aja 4shared (for shared) untuk dibagikan, memangnya sejak kapan berbagi itu dilarang? agama mana yang melaranglo berbagi? *nyolot*

Okaaaay, yang mau belajar, bilang-bilang ya, supaya bisa belajar bareng :))

Ti amo per sempre, grazie, arrivederla! :))

Comments

  1. Terimakasih, sangat membantu. Saya juga ingin belajar Bhs Italia, Teach Yourself Beginner's Italian-nya sangat membantu, Grazie

    ReplyDelete
  2. Grazie mille!!!
    kalo mau dengerin lagu2 italia rekomendasi gue coba denger Zero Assoluto

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen bisa bhs italia... iramanya itu lo...

    ReplyDelete
  4. Yg audionya kok g bisa di download ya...

    ReplyDelete
  5. Mas tolong dong minta file audio guide.nya, lagi butuh banget please..
    Tlng kalo berkenan kurim ke email saya shajewel46@gmail.com
    Grazie..

    ReplyDelete
  6. gan, link file tidak berlaku, yg audio sama grammar, boleh perbaiki?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts