Asyiknya Ngopi Sore ditemani Octopus's Garden

Om Ringo Starr di masa tuanya
Daripada kita menye-menye nggak jelas (menye-menye apa sih?) di minggu malem yang (bakalan) sunyi ini, mending gue mau bahas lagu Beatles aja kali yah. Hmm.. tapi lagu apa ya yang mau gue bahas? Kalo menurut terawangan (?) gue sih, enaknya kita bahas lagu Octopus's Garden dari album Abbey Road 1969,
Hmm mungkin kalo lo denger lagu ini, elo elo yang ngaku Beatlemania, pasti akan langsung mengenali suara siapakah yang berperan sebagai lead vocal? sudah pasti tau dong, Om Richard Starkey alias Ringo Starr.
Kalo ditilik dari konsep lagunya, terutama judulnya, menurut gue lagu ini unik banget. Kisahnya berawal saat Om Ringo liburan di Sardinia. Di atas kapal pesiar, doi pesen menu ikan untuk makan siang. tapi ternyata yang dia dapet malahan sejenis cumi-cumi, lalu dia komentar "Oh oke, gapapa deh, ehm agak kenyal kaya karet, tapi rasanya kayak ayam loh"
Si kapten kapal yang tertarik sama komentarnya Ringo, langsung bercerita kepada Om Ringo, tentang gurita-gurita yang menjelajahi dasar laut, membawa sejenis batu-batuan yang berkilau, kemudian mereka membangun taman-taman di dasar laut. Nah dari sini lah cerita Octopus's Garden dimulai...
Menurut George Harrison, lagu ini murni buatannya Om Ringo. Saat pertama denger lagu ini di album Abbey Road, terus terang aja, yang ada di dalam hati gue itu rasanya damai banget denger lagu ini. Enak banget buat didengerin sore-sore, ditemani kopi dan sepiring kacang rebus.. mantap!
Sesi rekaman lagu ini dilakukan pada 26 April 1969. Sesi rekaman ini nggak dihandle George Martin sang produser, tapi sama asistennya, Chris Thomas. Untuk posisi, Om Ringo ngambil peran banyak banget. Yakni sebagai vokal, penggebuk drum dan perkusi, serta memainkan sound effects. Om Lennon, seperti biasa paling santai, cuma memainkan gitar rythm. Om Paul di bass, juga backing vocal bareng Om George. Om George megang lead guitar dan synthesizer.
Kalo diliat komposisinya memang ribet, yaa begitulah studio years pasca keluarnya album Sgt.Pepper's Lonely Hearts Club Band. Lagu ini emang bukan diciptakan untuk dimainkan secara live band.
Overall, menurut gue lagu ini simpel, peaceful, mudah diingat, dan pastinya asik didengerin sore-sore.
Bagi yang mau denger lagunya, monggo download di sini



Comments

Popular Posts