Akhirnya Ketemu!

Di postingan berjudul "Belajar Bahasa Italia? Mengapa Tidak? :)" yang lalu, gue mengeluhkan tentang kesulitan mendapatkan buku panduan untuk belajar Italia yang murah dan bagus. Namun akhirnya, dua minggu lalu gue menemukan buku yang bagus lagi murah untuk lo semua yang tertarik untuk belajar bahasa Italia. :D
Judul bukunya; Mamma Mia! Mudahnya Belajar Bahasa Italia.
Here's the identity
Mamma Mia!

Penulis                        : Tanti Susilawati
Penerbit                      : TransMedia Pustaka, Jakarta, 2012
Tebal                          : 168 halaman
Cetakan                      : Cetakan I
Harga                          : Rp30.000,00
Saat melakukan tabiat kampungan gue (cuci mata di Gramedia) gue iseng-iseng menuju bagian bookshelf Bahasa dan Sastra. Di situ ada satu rak yang isinya buku-buku bahasa dari berbagai negara; ada Perancis, Jerman, Jepang, Belanda, Mandarin, dan yang paling nggak gue sangka ya Italia ini. Seperti pernah gue ceritakan sebelumnya gue pernah niat belajar bahasa Jerman juga, gue beli bukunya di rak ini juga dulu seharga kurang lebih Rp70.000,00, namun setelah gue pelajari beberapa hari, gue nyerah!
Buku mahal itu akhirnya cuma gue anggurin berbulan-bulan tanpa ada niat sama sekali buat nyentuh, apalagi buka....
Akhirnya buku Jerman ini gue "hibahkan" kepada temen gue yang anak HI saat main ke rumah. Lah? kelihatan bego ya menghibahkan buku mahal kayak gitu? Bukannya sok kaya yah, tapi buat gue dan bokap, nggak butuh birokrasi yang sulit untuk menghibahkan sesuatu kepada orang lain jika sesuatu itu sudah dianggap nggak dibutuhkan, ya siapa tau di tangan yang tepat, benda itu bisa lebih berguna, ya kan?
Kembali ke masalah buku. Buku ini adalah panduan SANGAT DASAR dalam belajar bahasa Italia, karena berisi sistem tata bahasa dasar, dan percakapan-percakapan sehari-hari dalam bahasa Italia. Harganya yang murah, nggak segila bahasa Jerman tadi, membuat gue makin tertarik. Sebetulnya ada dua jenis buku lagi yang gue temukan di Gramedia. Masing-masing seharga Rp27.000,00 dan sekitar Rp70.000,00. Namun setelah menjelajahi kontennya, gue lebih tertarik pada buku karangan Tanti Susilawati ini.
Buku ini disusun dengan konsep menyenangkan dan terkesan sekali, penulisnya orang yang sabar! Ya, gue bisa bilang begitu karena setiap kalimat yang ditulisnya dalam bahasa Italia, selalu diikuti dengan cara mengejanya (pronouncia) ini yang nggak gue temukan di buku-buku bahasa lainnya!
Si penulis selalu mengawali setiap bab dengan percakapan, setelah percakapan, akan digelar pembahasan dari apa yang telah dibicarakan dalam pembahasan. Mulai dari kata benda (sostantivi), kata sandang tertentu (articoli indeterrminativi), kata sifat (aggetivi), dan yang paling penting adalah frase-frase terpenting untuk diingat (frasi importanti da ricordare).
Asiknya lagi, penulis juga memberi selingan, selingannya adalah tentang kehidupan orang Italia. Bagaimana cara mereka makan, bagaimana cara berbelanja di Italia, bagaimana cara naik transportasi umum di Italia, pokoknya seru. :)
Secara pribadi, gue suka dengan fisik buku ini yang ringkas, mudah dibawa-bawa, dan bisa dibaca dengan santai. Terlebih lagi, kertasnya adalah kertas kuning impor yang ringan, sehingga nggak nambah-nambahin bobot bawaan saat dibawa bepergian, enak dipegang, dan nggak "malesin".
Mbak Tanti, si pengarang buku ini, tampaknya juga nggak pengen pembacanya terjebak dalam aturan-aturan prounounciation yang terlalu rumit untuk dipelajari para beginners. Meskipun dia sudah menyediakan aturan pronouncia di awal buku, namun beliau tak segan-segan tetap membimbing pembacanya dengan menuliskan setiap pronouncia di setiap kalimat.
Untuk lo yang udah expert belajar bahasa Italia, jangan berharap lebih dari buku ini, karena buku ini emang didesain khusus buat pemula. Pembahasan juga nggak sekomplit seperti yang lo temukan di buku-buku advanced.
Jangan kaget kalo lo menemukan banyak kata "Perugia" di sini, karena si penulis memang lulusan Universita Per Stranieri di Perugia, Italia. Dari penjelasan doi di buku ini, gue jadi tertarik ngambil S-2 di sana ekekekek, ada nggak ya? :p
Ya itulah sekelebat cerita gue tentang revisi gue untuk postingan gue sebelumnya. Buku bahasa Italia yang murah ternyata ada, harganya sekitar Rp30.000,00. Gue sarankan cari di toko-toko buku besar atau di Gramedia. Selamat berbelanja! :)

Comments

Popular Posts