Mencoba Puasa

Kadang kita merasa penasaran dengan apa yang dijalankan oleh penganut agama lain yang berbeda dengan kita. Seperti salah seorang teman gue yang sering nanya seperti apa rasa hosti dan anggur. Ya gue jawab dengan pendekatan sebisanya, karena susah juga ngejelasinnya, hosti itu rasanya kurang lebih kayak arum manis tanpa gula-gulanya, kalo anggur rasanya kurang lebih kayak Frestea apel tapi hangat di mulut.
Nah bagaimana dengan puasa? Berhubung momen bulan Ramadhan nih, gue pengen nulis tentang puasa.

Sebagai seorang penganut Katolik Roma, di agama gue juga diajarkan yang namanya puasa dan berpantang, selama masa prapaskah, puasa pada Jumat Agung, dan pantang pada Rabu Abu dan tujuh hari Jumat selama masa prapaskah. Puasa dalam agama Katolik lebih ringan dari yang dijalani umat Islam, kecuali bagi para rahib/biarawan yang hidup selibat kerap kali menjalankan puasa penuh selama 40 hari. Puasa hanya dalam pengertian makan kenyang hanya sekali dalam sehari, dan pantang boleh memilih mau pantang makan daging, ikan, atau garam. Enak kan? nah makanya gue mau coba puasa penuh yang katanya beraaaat banget nih (buat yang ga niat).

Pernah nih, suatu hari waktu SMA, gue lupa taun berapa, gue mau nyobain puasa dengan standar waktu umat Islam, dimulai saat subuh dan berakhir saat adzan maghrib.
Ga makan, ga minum, ga nonton bokep, ga liat yang aneh-aneh, dan cukup tidur dan berdiam diri di rumah. Gue liat acara TV yang pasti-pasti aja; berita, musik, kuis, kalo udah ada gambar makanan, langsung gue ganti channel.

Sebelum imsak, gue makan secukupnya; nasi, ayam goreng, air putih. Katanya kalo makannya banyak banyak nantinya malah ngantuk, sedangkan gue inget kerjaan rumah kan masih banyak, jadi ga mau ngantuk. Selain itu gue mau ngerasain derita puasa, jadi gue nggak mau tertidur, kalo bisa gue beraktivitas di rumah kayak biasa; nyuci, ngepel, masak nasi, nyeterika, jadi derita-nya lebih kerasa.

Untuk jam-jam pertama, semua kerasa biasa aja, gue bangun tidur, nonton TV, yaa kayak biasa (untungnya saat bangun tidur gue nggak kelupaan buka kulkas dan bikin kopi). jam 9-an gue mulai deh ngerjain kerjaan rumah, sampe sekitar jam 11-an tuh, semuanya masih kerasa normal.
Tapi semuanya baru kerasa habis nyuci. Kerongkongan berasa keriiiiiing banget. Ngeliat air di bak mandi aja tuh rasanya pengen gue tenggak sampe habis. Ternyata gue baru sadar, sadisnya puasa penuh itu ya di minumnya ini.
Jam 12 ke atas, gue udah mulai gelisah tuh. Mau santai tapi jatohnya malah mondar-mandir keliling rumah, dan entah kenapa gue selalu berhenti di depan kulkas. Mondar-mandir, berhenti depan kulkas, mondar-mandir lagi, berhenti depan kulkas lagi, dan begitu seterusnya, sampe gue sadar ternyata di handle pintu kulkas itu setan-setan sedang nangkring untuk memancing gue menempelkan tangan gue di handle itu, membukanya, dan menenggak isinya; dua botol air dingin.
Hah eat that shit, devils! I'll never be tempted! Gue mulai berpikir untuk tidur.. Oh no, gue nggak pernah bisa tidur dengan perut keroncongan. Kira-kira jam 1 gue baru sadar kenapa dari tadi gue mondar-mandir.. Gue terlalu lapar.

ILUSTRASI: Beginilah kira-kira ekspresi gue saat menahan lapar dan haus saat berpuasa. Copying this picture  for commercial purpose without my consent is prohibited!

Oh men, gue tau kulkas itu isinya macam-macan makanan buat nanti sore, dan gue nggak terikat dosa kalo mau ngebatalin ini sekarang... Tapi gue bekeyakinan, gue nggak akan mati sampe jam 6 sore, karena kata buku yang pernah gue baca, manusia bisa bertahan sebulan lebih tanpa makan. Ini bukan apa-apa!
Apakah gue terlalu berlebihan? nggak! Orang Islam terbiasa berpuasa sejak 7 tahun, dan gue baru merasakannya saat SMA tanpa pernah sekalipun mencobanya.

Gue nggak mau tidur, gue mau terjaga sampe adzan maghrib berkumandang, dan saat itu iblis-iblis itu akan minggat dari handle pintu kulkas.
Sekitar jam 3, rumah berasa kayak neraka, udaranya panas banget, ditambah gue haus, lapar, lemes...
Jam 5, gue mulai pusing, perut semakin keras bunyinya, dan kerongkongan udah nggak tau lagi gimana bentuknya, mungkin kayak kantong plastik diseterika.
Tetangga-tetangga di luar udah pada rame. Nggak kayak gue, kok kayaknya muka mereka tetap ceria, sedangkan muka gue udah nggak karuan bentuknya (emang pernah karuan?).
Jam 5.45, gue berpikir,"15 menit lagi selesai."
Mujur bagi setan-setan di handle kulkas itu, sudah jam 6, adzan belum juga kedengeran!
Menurut jadwal, adzan maghrib sore ini jam 18.20.. 20 menit itu berasa kayak neraka buat gue.
Jam 18.22, adzan maghrib berkumandang... Gue membanting diri ke kursi tamu, mengehela napas panjang-panjang, menatap ke arah handle kulkas, ya ya.. mereka sudah enyah dari sana..
Cerita selanjutnya nggak penting untuk diceritain, karena ini menyangkut naluri seorang manusia yang biasa makan tiga kali sehari, namun seketika dihentikan... 
Buat umat Muslim; Selamat menunaikan Ibadah Puasa 1433 H :)

Comments

Popular Posts